Begini Cara Buat Paspor Secara Online Dengan Cepat dan Mudah

Begini Cara Buat Paspor Secara Online Dengan Cepat dan Mudah

Cara Buat Paspor Secara Online merupakan Tutorial Mudah Dalam Membuat Paspor Secara Online. Pembuatan Paspor Online dengan menggunakan cara berikut ini dilakukan dengan mendaftar via website resmi Imigrasi sehingga akan lebih mudah dan cepat untuk proses lebih lanjutnya.
Bagaimana Cara Membuat Paspor Online?, Apa Saja Syarat Bikin Paspor?, Apa Saja yang Diperlukan Untuk Membuat Paspor?, Cara Buat Paspor Online yang Mudah dan Cepat

Bepergian keluar negeri merupakan dambaan setiap orang, menelusuri tempat indah di berbagai penjuru dunia tentu tak seorang pun ingin melewatkannya. Namun untuk bisa berkunjung ke suatu negara dibutuhkan sebuah Paspor.

Seperti yang banyak diketahui oleh khalayak bahwa pengurusan paspor cukup ribet dan lumayan menguras waktu dan perasaan. Tapi seiring dengan perkembangan tekhnologi maka hal tersebut sudah tidak perlu dirisaukan lagi. Hal ini karena kita dapat membuat Paspor dengan bantuan tekhnologi yang kian canggih pada saat ini sehingga tidaklah sesulit dulu.

Agar pengurusan Paspor tidak ribet maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah membuat paspor secara online, dengan cara ini maka anda tidak perlu lagi khawatir akan sulit atau tidaknya membuat sebuah paspor. Lalu Bagaimana Cara Membuat Paspor Online? untuk itu silahkan simak penjelasan berikut

Syarat Membuat Paspor Online


Sebelum membuat Paspor secara online maka anda perlu mengetahu Apa Saja Syarat Dokumen Untuk Bikin Paspor sehingga nantinya setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan tersebut maka anda tinggal memasukkan informasi yang diminta tanpa perlu lagi sibuk mencari dokumen tersebut.

Berikut ini Dokumen Apa Saja yang Diperlukan Untuk Membuat Paspor antara lain sebagai berikut :

Syarat Buat Paspor Online Untuk warga negara Indonesia (WNI):

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
  • Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor

Syarat Buat Paspor Online untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia :

  • KTP kedua orang tua yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Buku nikah orang tua atau akta perkawinan
  • Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya

Silahkan sediakan dokumen yang telah disebutkan di atas kemudian silahkan perhatikan Cara Membuat Paspor Online Tanpa Antrian panjang yang akan kami uraikan di bawah

Cara Membuat Paspor Online


Silahkan perhatikan Langkah membuat paspor secara online di penjelasan berikut ini

1. Silahkan terlebih dahulu anda ke website imigrasi.go.id

2. Setelah itu silahkan anda ke Layanan Publik >> Layanan Online kemudian pilihlah Layanan Paspor Online

3. Lalu nantinya saat anda berada di page layanan paspor online, maka pilihlah Pra Permohonan Personal.

4. Kemudian silahkan anda input Keterangan di isian Formulir, pada page ini anda sebaiknya jangan sampai salah mengisikan informasi Anda di kolom yang diberikan. Isi formnya berdasarkan dokumen yang telah disediakan pada syarat dokumen yang telah dijelaskan di atas.

5. Pada bagian Jenis Permohonan, maka silahkan pilih Paspor Biasa,

6. Sedangkan pada bagian Nomor Paspor Lama jika anda dalam kondisi sedang membuat paspor baru maka jangan diisi cukup abaikan saja, namun jika anda dalam kondisi ingin memperpanjangan paspor maka anda harus mengisinya.

7. Selanjutnya pada bagian pilihan Kantor Imigrasi, silahkan anda pilih kantor yang terdekat dengan daerah anda karena nantinya anda harus ke kantor tersebut.

8. Setelah semua form terisi maka pilih menu Lanjut,

Cara Melakukan Pembayaran Pembuatan Paspor Online


9. Setelah pilih menu lanjut maka anda akan dihadapkan pada page informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan.

10. Ditahap ini anda akan menerima email terkait bukti pengajuan paspor beserta detail biaya permohonan.

11. Silahkan lakukan pembayaran pada berdasarkan informasi yang terkait bank tempat membayar yang telah dijelaskan pada email yang anda terima sebelumnya sambil membawa bukti pengajuan paspor.

12. Bila anda melakukan pembayaran Paspor Melalui ATM maka pilih menu Pembayaran di ATM lalu silahkan anda masukan nomor permohonan atau kode pembayaran.

13. Perlu anda ketahui bahwa biaya Paspor untuk pembuatan baru atau perpanjangan kategori biasa dengan jumlah 48 halaman, sebesar Rp 355.000. Ditambah dengan biaya administrasi bank sebesar Rp 5.000, sehingga total Rp 360.000 ( biaya bisa saja berubah sesuai keputusan dari pusat )

14. Setelah melakukan pembayaran pembuatan paspor maka Anda akan menerima bukti pembayaran, lalu silahkan anda fotokopi sebanyak 3 rangkap kemudian menyatukannya dengan berkas persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

15. Setelah itu buka kembali website imigrasi dari link yang diberikan pada email yang telah anda terima pada langkah 10, lalu masuk ke halaman verifikasi di situs www.imigrasi.go.id.

16. Kemudian pilihlah tanggal yang tersedia untuk datang ke kantor imigrasi pilihan. Selanjutnya, anda akan kembali menerima email yang berisi Tanda Terima Pra Permohonan pembuatan paspor.

17. Silahkan cetak tanda terima pada poin 16 dan selanjutnya anda bawa ke kantor imigrasi. Jangan lupa bawa serta juga semua dokumen persyaratan beserta tanda terima permohonan dan bukti pembayaran anda.

18. Setelah sampai di kantor imigrasi maka anda akan melalui sesi wawancara dengan detail pertanyaan seputar tujuan anda membuat paspor.

19. Lalu akan ada sesi pemotretan dan pengambilan biometrik atau sidik jari yang dilanjutkan dengan verifikasi berkas anda. Setelah semua proses selesai, maka lembar pengambilan paspor akan diberikan kepada Anda.

20. Pengambilan Paspor dapat anda lakukan 3 atau 4 hari kerja setelah proses di atas. Jika anda bingung mengenai tanggalnya maka anda dapat mengecek dengan mengunjungi kembali website imigrasi.

Untuk mengecek silahkan anda pilih pilihan menu Status Pra Permohonan. Bilamana paspor anda telah selesai maka akan terdapat tanggal dan waktu pengambilan sehingga anda dapat datang berdasarkan tanggal tersebut.

Untuk lebih lengkapnya maka silahkan anda sesuaikan petunjuk di atas berdasarkan Tutorial Video Cara Pendaftaran Online Paspor Tanpa Ribet yang ada di bawah ini

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar