Skip to main content

Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang PDF dan Persyaratan Berkas

Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang PDF dan Persyaratan Berkas merupakan informasi tentang Pengumuman Lengkap Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Enrekang yang berisi Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Kab Enrekang, Tata Cara Pendaftaran Online CPNS Kab Enrekang, Info Berkas yang akan diunggah pada pendaftaran CPNS serta Batas Waktu Pendaftaran CPNS Kab Enrekang.
Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang PDF dan Persyaratan Berkas, Download Formasi dan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2019 Kabupaten Enrekang, Tata Cara Mendaftar Online CASN Formasi Kabupaten Enrekang

Kabupaten Enrekang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Enrekang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.786,01 km² dan berpenduduk sebanyak ± 190.579 jiwa.Ditinjau dari segi sosial budaya, masyarakat Kabupaten Enrekang memiliki kekhasan tersendiri. Hal tersebut disebabkan karena kebudayaan Enrekang (Massenrempulu’) berada di antara kebudayaan Bugis, Mandar dan Tana Toraja.

Bahasa daerah yang digunakan di Kabupaten Enrekang secara garis besar terbagi atas 3 bahasa dari 3 rumpun etnik yang berbeda di Massenrempulu’, yaitu bahasa Duri, Enrekang dan Maiwa. Bahasa Duri dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Alla’, Baraka, Malua, Buntu Batu, Masalle, Baroko, Curio dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja. Bahasa Enrekang dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Enrekang, Cendana dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja.

Bahasa Maiwa dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Maiwa dan Kecamatan Bungin. Melihat dari kondisi sosial budaya tersebut, maka beberapa masyarakat menganggap perlu adanya penggantian nama Kabupaten Enrekang menjadi Kabupaten Massenrempulu’, sehingga terjadi keterwakilan dari sisi sosial budaya.

Sejarah terbentuknya Kabupaten Enrekang

Sejak abad XIV, daerah ini disebut MASSENREMPULU’ yang artinya meminggir gunung atau menyusur gunung, sedangkan sebutan Enrekang dari ENDEG yang artinya NAIK DARI atau PANJAT dan dari sinilah asal mulanya sebutan ENDEKAN. Masih ada arti versi lain yang dalam pengertian umum sampai saat ini bahkan dalam Adminsitrasi Pemerintahan telah dikenal dengan nama “ENREKANG” versi Bugis sehingga jika dikatakan bahwa Daerah Kabupaten Enrekang adalah daerah pegunungan sudah mendekati kepastian, sebab jelas bahwa Kabupaten Enrekang terdiri dari gunung-gunung dan bukit-bukit sambung-menyambung mengambil ± 85% dari seluruh luas wilayah sekitar 1.786.01 Km².

Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang


Menurut sejarah, pada mulanya Kabupaten Enrekang merupakan suatu kerajaan besar yang bernama MALEPONG BULAN, kemudian kerajaan ini bersifat MANURUNG dengan sebuah federasi yang menggabungkan 7 kawasan/kerajaan yang lebih dikenal dengan federasi ”PITUE MASSENREMPULU”, yaitu:

1. Kerajaan Endekan yang dipimpin oleh Arung/Puang Endekan

2. Kerajaan Kassa yang dipimpin oleh Arung Kassa’

3. Kerajaan Batulappa’ yang dipimpin oleh Arung Batulappa’

4. Kerajaan Tallu Batu Papan (Duri) yang merupakan gabungan dari Buntu Batu, Malua, Alla’. Buntu Batu dipimpin oleh Arung/Puang Buntu Batu, Malua oleh Arung/Puang Malua, Alla’ oleh Arung Alla’

5. Kerajaan Maiwa yang dipimpin oleh Arung Maiwa

6. Kerajaan Letta’ yang dipimpin oleh Arung Letta’

7. Kerajaan Baringin (Baringeng) yang dipimpin oleh Arung Baringin

Pitu (7) Massenrempulu’ ini terjadi kira-kira dalam abad ke XIV M. Tetapi sekitar pada abad ke XVII M, Pitu (7) Massenrempulu’ berubah nama menjadi Lima Massenrempulu’ karena Kerajaan Baringin dan Kerajaan Letta’ tidak bergabung lagi ke dalam federasi Massenrempulu’.

Akibat dari politik Devide et Impera, Pemerintah Belanda lalu memecah daerah ini dengan adanya Surat Keputusan dari Pemerintah Kerajaan Belanda (Korte Verkaling), di mana Kerajaan Kassa dan kerajaan Batu Lappa’ dimasukkan ke Sawitto. Ini terjadi sekitar 1905 sehingga untuk tetap pada keadaan Lima Massenrempulu’ tersebut, maka kerajaan-kerajaan yang ada didalamnya yang dipecah.

Beberapa bentuk pemerintahan di wilayah Massenrempulu’ pada masa itu, yakni:

1. Kerajaan-kerajaan di Massenrempulu’ pada Zaman penjajahan Belanda secara administrasi Belanda berubah menjadi Landshcap. Tiap Landschapdipimpin oleh seorang Arung (Zelftbesteur) dan dibantu oleh Sulewatang dan Pabbicara /Arung Lili, tetapi kebijaksanaan tetap ditangan Belanda sebagai Kontroleur. Federasi Lima Massenrempulu’ kemudian menjadi: Buntu Batu, Malua, Alla'(Tallu Batu Papan/Duri), Enrekang (Endekan) dan Maiwa. Pada tahun 1912 sampai dengan 1941 berubah lagi menjadi Onder Afdeling Enrekang yang dikepalai oleh seorang Kontroleur (Tuan Petoro).

2. Pada zaman pendudukan Jepang (1941–1945), Onder AfdelingEnrekang berubah nama menjadi Kanrikan. Pemerintahan dikepalai oleh seorang Bunkem Kanrikan.

3. Dalam zaman NICA (NIT, 1946–27 Desember 1949), kawasan Massenrempulu’ kembali menjadi Onder Afdeling

4. Kemudian sejak tanggal 27 Desember 1949 sampai 1960, Kawasan Massenrempulu’ berubah menjadi Kewedanaan Enrekang dengan pucuk pimpinan pemerintahan disebut Kepala Pemerintahan Negeri Enrekang (KPN Enrekang) yang meliputi 5 (lima) SWAPRAJA, yakni: SWAPRAJA ENREKANG, SWAPRAJA ALLA, SWAPRAJA BUNTU BATU, SWAPRAJA MALUA, SWAPRAJA MAIWA

Yang menjadi catatan atau lembaran sejarah yang tak dapat dilupakan bahwa dalam perjuangan atau pembentukan Kewadanaan Enrekang (5 SWAPRAJA) menjadi DASWATI II / DAERAH SWANTARA TINGKAT II ENREKANG atau KABUPATEN MASSENREMPULU’. (Perlu ingat bahwa yang disetujui kelak dengan nama Kabupaten Dati II Enrekang mungkin karena latar belakang historisnya).

Download Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang PDF dan Persyaratan Berkas

Hiruk pikuk Penerimaan Pegawai Negeri Sipil terus berlanjut, pasalnya pemerintah telah mengumumkan bahwa rekrutmen CPNS akan kembali digelar tahun ini. Kali ini rekrutmen yang akan kami sajikan sebagai informasi penting adalah Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang beserta Persyaratan Berkas dan Cara daftarnya.

Berkas Apa Saja yang perlu dipersiapkan jika ingin mendaftar CPNS 2019 di Kabupaten Enrekang? Berkas yang harus anda siapkan sebelum mendaftar CPNS Kabupaten Enrekang sebagai berikut ;

1. KTP,

2. Ijazah,

3. Transkip Nilai,

4. Pas Foto,

5. Kartu Keluarga (yang dibutuhkan nomor KK)

6. Sertifikat Pendidik/STR (bagi yang memiliki)

7. Bukti Akreditasi Kampus dan Prodi

8. Surat Lamaran (biasanya contoh terlampir)

8. Beberapa Surat Pernyataan (biasanya contoh terlampir)

9. Materai 6000

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Pengumuman Resmi mengenai Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS Kabupaten Enrekang versi PDF pada tautan yang telah disediakan di bawah ini

Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang PDF dan Persyaratan Berkas

Contoh Surat Lamaran CPNS Kabupaten Enrekang dapat anda unduh di bawah

Hati-hati dengan calo, karena saat ini mereka berkeliaran memanfaatkan euforia CPNS tahun ini untuk memperoleh mangsa, jangan pernah mempercayai oknum yang menawarkan kelulusan CPNS kapanpun dan dimanapun.

Demikian informasi tentang Rincian Formasi CPNS Kabupaten Enrekang PDF dan Persyaratan Berkas, jangan lupa bagikan informasi ini ke teman ada yang lainnya. Dapatkan update Rincian Formasi CPNS lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti sidaring disini >> Follow
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar