Skip to main content

Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS Kabupaten Gorontalo

Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS Kabupaten Gorontalo merupakan informasi tentang Pengumuman Lengkap Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Gorontalo yang berisi Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Kab Gorontalo, Tata Cara Pendaftaran Online CPNS Kab Gorontalo, Info Berkas yang akan diunggah pada pendaftaran CPNS serta Batas Waktu Pendaftaran CPNS Kab Gorontalo.
Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS Kabupaten Gorontalo

Hiruk pikuk Penerimaan Pegawai Negeri Sipil terus berlanjut, pasalnya pemerintah telah mengumumkan bahwa rekrutmen CPNS akan kembali digelar tahun ini. Kali ini rekrutmen yang akan kami sajikan sebagai informasi penting adalah Rincian Formasi CPNS Kabupaten Gorontalo beserta Persyaratan Berkas dan Cara daftarnya.

Profil Kabupaten Gorontalo

Kabupaten Gorontalo dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi dengan ibu kota di Isimu. Pada tahun 1978 ibu kota daerah ini dipindakan di Limboto.

Berdasarkan penandatanganan perjanjian ikatan kekeluargaan u’dulowo lim lo pohalaa (kerjaan Gorontalo, kerjaan Limboto, Kerajaan Suwawa, Kerajaan Boalemo dan Kerjaan Atinggola), ditetapkan hari lahir Kabupaten Gorontalo pada tanggal 26 November 1673.

Kabupaten Gorontalo memiliki luas wilayah 1.750,83 km², dengan jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Gorontalo yakni sebanyak 355.988 jiwa atau 34,22% dari total penduduk. Setelah ditetapkannya Provinsi Gorontalo sebagai wilayah mekarran dari Sulawesi Utara pada tanggal 22 Desember 2000, daerah ini kemudian secara resmi menjadi bagian dari Provinsi Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo telah mengalami tiga kali pemekaran. Pemekaran pertama pada tahun 1999 yang melahirkan Kabupaten Boalemo, pemekaran ke dua pada tahun 2003 yang melahirkan Kabupaten Bone Bolango, dan terakhir pada tahun 2007 yang melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara.

Letak Geografis Kabupaten Gorontalo

Wilayah Provinsi Gorontalo yang pada zaman kolonial Belanda dikenal dengan sebutan "Semenanjung Gorontalo" (Gorontalo Peninsula) terletak pada bagian utara Pulau Sulawesi, tepatnya pada 0° 19′ 00” - 1° 57′ 00” LU (Lintang Utara) dan 121° 23′ 00” - 125° 14′ 00” BT (Bujur Timur).

Letak Provinsi Gorontalo sangatlah strategis, karena diapit oleh dua perairan, yaitu Teluk Gorontalo atau yang lebih dikenal dengan nama Teluk Tomini di sebelah Selatan dan Laut Sulawesi di sebelah Utara. Dalam catatan sejarah maritim Nusantara, Laut Sulawesi menjadi penting karena merupakan jalur pelayaran dari pulau Sulawesi menuju Filipina yang juga melalui jalur wilayah perairan Kesultanan Sulu di sebelah Timur dari Negara Malaysia.

Sedangkan Teluk Gorontalo atau Teluk Tomini sejak dahulu kala menjadi sumber kehidupan penduduk Kerajaan-Kerajaan yang bermukim di sekitarnya. Teluk ini pun sejak dahulu ramai oleh lalu lintas pelayaran dan perdagangan, karena menjadi tempat bertemunya Kerajaan yang berada di kawasan "Tomini-Bocht" (wilayah kawasan Teluk Tomini), Ternate, Buton, bahkan menjadi jalur masuknya perantau dari Hokkian (Tiongkok) serta dari Jazirah Arab.

Wilayah provinsi ini berbatasan langsung dengan dua provinsi lain, yaitu Provinsi Sulawesi Tengah di sebelah Barat dan Provinsi Sulawesi Utara di sebelah Timur. Sedangkan di sebelah Utara berhadapan langsung dengan Laut Sulawesi dan di sebelah Selatan dibatasi oleh Teluk Tomini. Luas Provinsi Gorontalo secara keseluruhan adalah 12.435 km2.

Dibandingkan terhadap wilayah Indonesia, luas wilayah provinsi ini hanya sebesar 0,63%. Provinsi Gorontalo terdiri dari 5 (lima) kabupaten dan 1 (satu) kota, yaitu Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kota Gorontalo. Kabupaten Pohuwato merupakan wilayah terluas di Provinsi Gorontalo dengan luas area sebesar 35,83%, sedangkan Kota Gorontalo memiliki wilayah terkecil di Provinsi Gorontalo sebesar 0,53%. Permukaan tanah di Provinsi Gorontalo sebagian besar adalah perbukitan. Oleh karenanya, provinsi ini mempunyai banyak gunung dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Gunung Tabongo yang terletak di Kabupaten Boalemo merupakan gunung yang tertinggi di Provinsi Gorontalo. Sedangkan Gunung Litu-Litu yang terletak di Kabupaten Gorontalo merupakan Gunung terendah. Disamping memiliki banyak gunung, provinsi ini juga dilintasi banyak sungai. Sungai terpanjang adalah Sungai Paguyaman yang terletak di Kabupaten Boalemo dengan panjang aliran 99,3 km. Sedangkan sungai terpendek adalah Sungai Bolontio dengan panjang aliran 5,3 km yang terletak di Kabupaten Gorontalo Utara.

Luas Wilayah dan Kependudukan Kabupaten Gorontalo

Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.133.237 jiwa (2016), dengan tingkat kepadatan penduduk 88 jiwa/km². Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal pula dengan julukan "Kota Serambi Madinah".

Provinsi Gorontalo dihuni oleh ragam Etnis yang berbentuk Pohala'a (Keluarga), di antaranya Pohala'a Gorontalo (Etnis Hulontalo), Pohala'a Suwawa (Etnis Suwawa/Tuwawa), Pohala'a Limboto (Etnis Limutu), Pohala'a Bolango (Etnis Bulango/Bolango) dan Pohala'a Atinggola (Etnis Atinggola) yang seluruhnya dikategorikan kedalam suku Gorontalo atau Suku Hulontalo. Ditengarai, penyebaran Diaspora Orang Gorontalo telah mencapai 5 kali lipat dari total penduduknya sekarang yang tersebar di seluruh dunia.

Iklim Kabupaten Gorontalo

Suhu udara di suatu tempat antara lain ditentukan oleh tinggi rendahnya tempat tersebut dari permukaan laut dan jaraknya dari pantai. Dengan kondisi wilayah Provinsi Gorontalo yang letaknya di dekat garis khatulistiwa, menjadikan daerah ini mempunyai suhu udara yang cukup panas.

Suhu minimum terjadi di bulan Agustus yaitu 23,3oC. Sedangkan suhu maksimum terjadi di bulan Oktober dengan 33,4oC. Jadi selama setahun suhu udara rata-rata Provinsi Gorontalo berkisar antara 26,6 – 28,0oC.

Provinsi Gorontalo memiliki kelembaban udara yang relatif tinggi, rata-rata kelembaban udara tertinggi pada tahun 2017 terjadi pada bulan Januari dengan kelembaban mencapai 85,0 persen. Sedangkan untuk curah hujan tertinggi terdapat di bulan Juni yaitu 253 mm dan jumlah hari hujan terbanyak terjadi pada bulan Januari dan Mei sebanyak 22 hari. Rata-rata kecepatan angin pada tahun 2017 yang tercatat oleh stasiun Meteorologi umumnya merata untuk setiap bulannya yaitu berkisar antara 2 - 3 knot.

Formasi CPNS 2019 Kabupaten Gorontalo


Gorontalo telah mendapatkan kouta CPNS sejumlah 757 orang yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se Gorontalo dengan rincian Kabupaten Gorontalo 249 formasi, Kabupaten Boalemo 107 formasi, Kabupaten Pohuwato 74 formasi, Kabupaten Bone Bolango 47 formasi, Kabupaten Gorontalo Utara 74 formasi, Kota Gorontalo 206 formasi.

Formasi yang paling banyak diterima yaitu pendidikan yakni sebanyak 334 tenaga pendidikan, kemudian disusul tenaga kesehatan dengan jumlah 322 orang.

Lokasi Tes CPNS 2019 Kabupaten Gorontalo

Lokasi tempat dilaksanakannya ujian SKD dan SKB CPNS kabupaten Gorontalo akan difasilitasi oleh instansi daerah di wilayah Gorontalo dan difokuskan pada beberapa titik lokasi diantaranya di Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

Berkas Apa Saja yang perlu dipersiapkan jika ingin mendaftar CPNS 2019 di Kabupaten Gorontalo?

Berkas yang harus anda siapkan sebelum mendaftar CPNS Kabupaten Gorontalo sebagai berikut ;

1. KTP,

2. Ijazah,

3. Transkip Nilai,

4. Pas Foto,

5. Kartu Keluarga (yang dibutuhkan nomor KK)

6. Sertifikat Pendidik/STR (bagi yang memiliki)

7. Bukti Akreditasi Kampus dan Prodi

8. Surat Lamaran (biasanya contoh terlampir)

8. Beberapa Surat Pernyataan (biasanya contoh terlampir)

9. Materai 6000

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Pengumuman Resmi mengenai Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS Kabupaten Gorontalo versi PDF pada tautan yang telah disediakan di bawah ini

Pdf Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS 2019 Kabupaten Gorontalo

Surat Pernyataan dan Surat Keterangan dalam bentuk Word bisa di peroleh di bawah

Hati-hati dengan calo, karena saat ini mereka berkeliaran memanfaatkan euforia CPNS tahun ini untuk memperoleh mangsa, jangan pernah mempercayai oknum yang menawarkan kelulusan CPNS kapanpun dan dimanapun.

Demikian informasi tentang Rincian Formasi dan Persyaratan Berkas CPNS 2019 Kabupaten Gorontalo, jangan lupa bagikan informasi ini ke teman ada yang lainnya. Dapatkan update Rincian Formasi CPNS lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti sidaring disini >> Follow
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar