--> Skip to main content

Begini Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja Lengkap Beserta Daftar Akunnya

Begini Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja Lengkap Beserta Daftar Akunnya - Cara Membuat Kartu Pra Kerja cukup diminati minggu ini, hal ini terkait Janji Manis Pemerintah tentang Kartu Prakerja akhirnya direalisasikan setelah tanpa kabar sejak berbulan-bulan lamanya. Kenapa Banyak yang meminati kartu Prakerja ini?
Apa Saja Syarat untuk Mendapatkan Kartu Pra Kerja, Bagaimana Cara Membuat Kartu Pra Kerja, Berapa banyak Insentif untuk Pemegang Kartu Pra Kerja, Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Pra Kerja, Kapan Insentif Pra Kerja Diberikan

Beberapa alasan yang memungkinkan kenapa masyarakat banyak yang menginginkan kartu Pra Kerja ini salah satunya karena konon pemegang kartu pra kerja ini akan mendapatkan gaji dari pemerintah meski tidak bekerja, bahasa kerennya sih pengangguran akan digaji melalui kartu prakerja ini, apa betul demikian?

Tentunya kita juga tidak boleh menyalahkan penuh kepada masyarakat jika persepsinya seperti yang diutarakan di atas tadi, tentu mereka tidak akan berpikiran begitu jika tidak ada pernyataan pemicunya, nah tentu kita tau betul siapa yang membuat pernyataan sehingga memicu kesimpulan masyarakat menjadi seperti itu.

Baca juga 👉 Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran SBMPN

Lalu apa betul pemegang Kartu Pra Kerja akan Digaji? Bagaimana Sistem Penggajian Kartu Pra Kerja? Berapa Uang yang didapatkan oleh pengguna Kartu Pra Kerja? Semua pertanyaan tadi akan terjawab melalui ulasan di bawah, silahkan disimak baik-baik yah sobat daring.

Apa itu Kartu Pra Kerja?


Kartu Pra Kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena pemerintah percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya.

Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi.

Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Untuk siapa Sajakah Kartu Pra Kerja itu?


Kartu Pra Kerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar.

Karena pemerintah percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah lain yang lebih gemilang di masa depan.

Apa Sih Manfaat Kartu Pra Kerja?


Manfaat Kartu Pra Kerja antara lain ;

1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan

2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan

3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch

4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal

5. Mendapatkan Pelatihan, anda dapat mengikuti pelatihan dan bayar menggunakan kartu prakerja baik online maupun offline.

6. Bisa mendapatkan Sertifikat Pelatihan, kita bisa mendapatkan sertifikat pelatihan yang diakui baik pelatihan yang online ataupun offline.

7. Mendapat Insentif, pemilik kartu mendapatkan dana insentif langsung ke wallet dan ditransfer dalam tiga tahap.

Apa Saja Syarat untuk Mendapatkan Kartu Pra Kerja?


Berikut persyaratan sebelum melakukan pendaftaran Kartu Pra kerja, antara lain:

- Warga Negara Indonesia

- Usia minimal 18 tahun

- Sedang tidak mengikuti pendidikan formal

Berapa banyak Insentif untuk Pemegang Kartu Pra Kerja?


Perlu diketahui bahwa anggara kartu pra kerja yang awalnya, Rp 10 triliun kini mengalami penambahan menjadi Rp 20 triliun. Di mana, masing-masing akan mendapatkan Rp 3.550.000 selama menjalani program.

Insentif tersebut meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta yang tak bisa dicairkan atau hanya untuk biaya pelatihan. Kemudian, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan atau jika sudah menyelesaikan pelatihan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000

Peserta program Kartu Pra Kerja juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang diikutinya, baik online maupun offline. Sementara itu, untuk insentif atau honor, akan ditransfer dalam tiga tahapan dalam bentuk e-wallet.

Bagaimana Cara Membuat Akun Pra Kerja?


Berikut Panduan membuat akun Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id:

1. Masukkan email atau nomor ponsel.

2. Klik Daftar.

3. Selanjutnya pilih metode verifikasi.

4. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.

5. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja.

Bagaimana Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja?


Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Pra Kerja. Caranya antara lain:

1. Login akun, Klik Daftar Kartu Pra Kerja.

2. Isi formulir pendaftaran.

3. Klik Selanjutnya.

4. Lakukan Tes Kemampuan Dasar.

5. Klik Selesai.

6. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, pengguna akan menerima notifikasi berikutnya di akun.

Bagaimana Cara Memilih Pelatihan Pra Kerja?


Anda dapat memilih Pelatihan yang disyaratkan Industri maupun memilih pelatihan dari layanan SISNAKER. Kemudian, bayar menggunakan saldo Kartu Pra Kerja untuk online maupun offline

Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Pra Kerja?


Anda dapat mengikuti Pelatihan di SISNAKER dan pelatihan secara online maupun offline. Selanjutnya, dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga. Setelah itu anda diwajibkan memberikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Insentif kartu Pra Kerja?


Insentif diberikan setelah mengikuti pelatihan dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo wallet Kartu Pra Kerja

Kapan Insentif Pra Kerja Diberikan?


Selain insentif yang dijelaskan di atas terdapat juga yang namanya Survei Kebekerjaan Sebagai Feedback Efektivitas Program. Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja.

Demikian informasi tentang Begini Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja Lengkap Beserta Daftar Akunnya, jangan lupa bagikan ke teman anda agar mereka juga mengetahuinya. Jika ada kendala terkait info di atas silahkan tanyakan di kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Yuk Follow Sidaring

Selamat datang di blog sidaring, semoga semua artikel yang kami sajikan disini dapat bermanfaat, dapatkan update informasi langsung ke smartphone anda dengan Follow blog kami, terimakasih.