Skip to main content

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN dari Pemerintah

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN dari Pemerintah – Cara mendapatkan Token Listrik Gratis menjadi pertanyaan yang cukup menjadi pusat perhatian akhir-akhir ini, pasalnya Pemerintah baru ini mengeluarkan kebijakan terkait pandemi corona yang mengharuskan warga untuk tinggal di rumah saja.
Dapatkan Listrik Full Gratis Pelanggan 450V dan 50 Persen Gratis Pelanggan 900V, Cara Klaim Token Listrik Gratis dari Pemerintah, Cara mendapatkan Token Listrik Gratis dan Diskon 50 Persen

Guna meringankan beban masyarakat maka pemerintah mengeluarkan kebijakan menggratiskan listrik selama 3 bulan kepada pelanggannya, spontan kebijakan tersebut langsung direspon penuh sukacita namun masyarakat tidak menyadari bahwa di dalam kebijakan tersebut ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Lalu apa saja syarat dan ketentuan untuk mendapatkan Listrik Gratis dari Pemerintah? Silahkan sobat daring simak penjelasan di bawah

Berapa Kuota Listrik Gratis yang Didapatkan Pelanggan?


Sebanyak 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir. Sedangkan, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pasca-bayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan.

Baca juga 👉 Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pasca-bayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

Bagaimana cara mengetahui status pelanggan listrik non-subsidi atau subsidi?


Cara untuk mengetahui apakah anda termasuk golongan pelanggan yang bisa mendapatkan listrik gratis maupun diskon listrik yakni dengan mengecek rekening pembayaran listrik anda atau dengan kata lain anda bisa mengecek pada struk pembayaran rekening terakhir.

Untuk membedakannya, silahkan lihat apakah ada kode M atau tidak, jika ada kode M (mampu) yang dijabarkan dalam bentuk kode R1 M menandakan kategori listrik tersebut adalah pasca- bayar dan tidak bersubsidi. Sedangkan kode R1MT berarti listrik pra-bayar non-subsidi ( tidak bersubsidi).

Jika setelah anda cek rekening listrik Sanda memiliki kode R1M dan R1MT maka itu artinya anda tidak mendapat bantuan dari pemerintah, dengan kata lain listrik anda non-subsidi dan tidak mendapat gratis ataupun potongan 50 persen.

Beruntunglah jika rekening listrik anda berkode R1 dan R1T karena kategori tersebut adalah termasuk pelanggan listrik subsidi yang mendapat bantuan dari pemerintah sehingga penggunanya mendapat listrik gratis selama 3 bulan (450v) dan diskon 50 persen (900v)

Siapa sajakah pelanggan yang berhak mendapat listrik Gratis?


Berikut rincian pelanggan listrik yang dapat gratis atau diskon, meterannya mempunyai kode:

Pelanggan R1/450 VA (full gratis)

Pelanggan R1T/450 VA (full gratis)

Pelanggan R1/900 VA (50 persen gratis)

Pelanggan R1T/900 VA (50 persen gratis)

Sedangkan untuk pelanggan lisrik yang tidak mendapat diskon, meterannya memiliki kode:

Pelanggan R1M/900 VA (tidak gratis)

Pelanggan R1MT/900 VA (tidak gratis)

Bagaimana Cara Klaim atau Mendapat Token Listrik Gratis?


Cara mendapatkan token gratis selama 3 bulan dapat dilaukan dengan 2 cara, yakni melalui website dan melalui Whatsapp

Cara Klaim Token Listrik melalui Website sebagai berikut ;

1. Buka www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 atau bisa langsung menuju link ini 👉https://layanan.pln.co.id/infopsbb.html

2. Lalu segera masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter anda, terus pilih “cari” pada pilhan yang ada disamping kolom ID pelanggan tadi

3. Setelah itu maka Token Gratis akan ditampilkan di bagian paling bawah

4. Catat nomor token yang didapatkan dari langkah ke 3 di atas dan masukkan Token Gratis tersebut ke meteran anda.

Cara Klaim Token Listrik melalui Whatsapp sebagai berikut ;

1. Buka Aplikasi WhatsApp anda.

2. Lalu segera Chat WhatsApp ke nomor 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.

4. Setelah itu anda tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran anda.

Demikian informasi tentang Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN dari Pemerintah, jangan lupa share ke teman anda agar mereka juga mengetahuinya. Jika ada pertanyaan atau kendala terkait tutorial di atas silahkan tanyakan di kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Yuk Follow Sidaring

Selamat datang di blog sidaring, semoga semua artikel yang kami sajikan disini dapat bermanfaat, dapatkan update informasi langsung ke smartphone anda dengan Follow blog kami, terimakasih.